title: PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAH DADI creator: LUVIRTA TIYAS MAWARNI, 1313053087 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal uraian. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi dengan kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan kelas IVB sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis melalui independent sample ttest diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: mind mapping, hasil belajar, matematika publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-06-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27617/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27617/3/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27617/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: LUVIRTA TIYAS MAWARNI, 1313053087 (2017) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAH DADI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/27617/