%0 Generic %A Fauza Afifi, 1313053058 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27618 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TERPADU DI KELAS IV SD NEGERI 2 SUKOHARJO II TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/27618/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai keterampilan berbicara pada pembelajaran terpadu siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model role playing terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II dengan jumlah 52 siswa dengan sampel juga sebanyak 52 siswa, karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dan tes kinerja. Teknik analisis data menggunakan uji t polled varian. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan model role playing terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran terpadu siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II. Kata kunci: keterampilan berbicara, model role playing, pembelajaran terpadu abstract The problem in this research was the low score of speaking skill on integrated learning of fourth graders of SD Negeri 2 Sukoharjo II. The purpose of this research was to know the influence of applying role playing model to students' speaking skill in integrated learning. The method used in this research was quasi experiment method with nonequivalent control group design. The population of this research was the fourth grader of SD Negeri 2 Sukoharjo II with 52 students with the sample also 52 students, because the techniques used in sampling is total sampling. Technique of collecting data of this research were observation, and performance test. Technique of data analysis used teded variance test. The result of data analysis concluded that there was an influence of applying role playing model to speech skill in integrated learning of fourth grader of SD Negeri 2 Sukoharjo II. Keywords: speaking skills, role playing model, integrated learning