%0 Generic %9 Other %A Ayu Pakarti Dewi, 1013053041 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:2763 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SDN 6 METRO PUSAT TAHUN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2763/ %X Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN 6 Metro Pusat pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 55,41 “cukup aktif” (CA) dan siklus II sebesar 75,44 “aktif” (A). Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 65,12 “cukup” (C) dan siklus II sebesar 72,87 “baik” (B). Rata-rata hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 63,43 “cukup” (C) dan siklus II sebesar 76,85 “baik” (B). Rata-rata hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 59,79 “cukup” (C) dan siklus sebesar II 73,87 “baik” (B). Penerapan model cooperative learning tipe think pair share dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVB SDN 6 Metro Pusat