@misc{eprints27641, month = {Juni}, title = {PENGARUH MINAT BELAJAR, CARA BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017}, author = {1313031073 SAMNURIKA PERMATA PUTRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27641/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar, cara belajar, lingkungan belajar di sekolah dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 417 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 204 siswa dengan teknik Random Sampling. Data yang terkumpul melalui angket. Pengujian hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat menggunakan rumus uji t sedangkan pengujian hipotesis kelima menggunakan uji f. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) Terdapat pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) Terdapat pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (4) Terdapat pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (5) Terdapat pengaruh minat belajar, cara belajar, lingkungan belajar di sekolah dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu Kata kunci: cara belajar, hasil belajar, lingkungan belajar di sekolah, minat belajar, perhatian orangtua } }