title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JATI BARU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 creator: SEVIANA LISMAWATI, 1513069057 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar IPA dengan tujuan untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian yang digunakan menggunakan metode demonstrasi. Tempat penelitian yang dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jati Baru Tanjug Bintang Lampung Selatan berjumlah 30 murid dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jati Baru Tanjug Bintang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari siklus I sebesar 23,3 % kemudian pada siklus II sebesar 40% dan pada siklus III siswa mengalami peningkatan sebesar 87%. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 61 % kemudian pada siklus II sebesar 63,2 % dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 71,3 %. Kata kunci : Aktivitas, Prestasi Belajar, Metode Demonstrasi publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-06-21 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27642/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27642/15/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27642/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SEVIANA LISMAWATI, 1513069057 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JATI BARU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/27642/