title: PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017) creator: Afria Wulandari, 1313021001 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe CORE terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 217 siswa yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes pemahaman konsep yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CORE berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran CORE, pembelajaran matematika, pemahaman konsep matematis publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-07-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27671/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27671/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27671/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Afria Wulandari, 1313021001 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . relation: http://digilib.unila.ac.id/27671/