TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints27671 UR - http://digilib.unila.ac.id/27671/ A1 - Afria Wulandari, 1313021001 Y1 - 2017/07/18/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe CORE terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 217 siswa yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes pemahaman konsep yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CORE berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran CORE, pembelajaran matematika, pemahaman konsep matematis PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -