TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints27674 UR - http://digilib.unila.ac.id/27674/ A1 - ELSA ULFANA MUIZHA, 1313031030 Y1 - 2017/06/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan TTA dengan memperhatikan kecerdasan adversitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komunikatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner (skala psikologi). Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut. 1) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR dibandingkan pembelajarannya menggunakan model TTA. 2) Hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR lebih tinggi dibandingkan pembelajaran menggunakan model TTA pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. 3) Hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR lebih rendah dibandingkan pembelajaran menggunakan model TTA pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. 4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adveristas tinggi dan kecerdasan adversitas rendah terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kata Kunci : AIR, hasil belajar, kecerdasan adversitas dan TTA PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE PEMBELAJARAN KOOPERATIF AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) DAN TIME TOKEN ARRENDS (TTA) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA LAMPUNG TENGAH T.P 2016/2017 AV - restricted ER -