@misc{eprints27680, month = {Juli}, title = {PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGAJUKAN PERTANYAAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT }, author = {1313023044 KHAIRUN NISA RAKHMASARI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27680/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan. Desain penelitian ini adalah Non Equivalence Pretest-Postes Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA YP UNILA Bandarlampung. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga mendapatkan dua kelas yaitu kelas X MIPA 8 se-bagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data diuji dengan analisis rata-rata n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, Independent Sample T Test, Paired Sample T Test dan Effect Size. Hasil penelitian menunjuk-kan Independent Sample T Test sebesar Sig. 0,00 dengan rata-rata n-gain ke-terampilan mengelompokkan yaitu sebesar 0,7 pada kelas eksperimen dan 0,26 pada kelas kontrol, sedangkan rata-rata n-gain keterampilan mengajukan per-tanyaan yaitu sebesar 0,74 pada kelas eksperimen dan 0,34 pada kelas kontrol. Khairun Nisa Rakhmasari Effect size pada keterampilan mengelompokkan sebesar 0,86 dengan kategori ?be-sar?, pada ketrampilan mengajukan pertanyaan sebesar 0,91dengan kategori ?be-sar?. Sehingga dapat dinyatakan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing ber- pengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan. Kata kunci: LKS, inkuiri terbimbing, ketrampilan mengelompokkan, keterampilan mengajukan pertanyaan. } }