creators_name: KHAIRUN NISA RAKHMASARI, 1313023044 creators_id: nisa.rakhmasari@gmail.com type: other datestamp: 2017-08-02 07:48:22 lastmod: 2017-08-02 07:48:22 metadata_visibility: show title: PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGAJUKAN PERTANYAAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan. Desain penelitian ini adalah Non Equivalence Pretest-Postes Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA YP UNILA Bandarlampung. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga mendapatkan dua kelas yaitu kelas X MIPA 8 se-bagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data diuji dengan analisis rata-rata n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, Independent Sample T Test, Paired Sample T Test dan Effect Size. Hasil penelitian menunjuk-kan Independent Sample T Test sebesar Sig. 0,00 dengan rata-rata n-gain ke-terampilan mengelompokkan yaitu sebesar 0,7 pada kelas eksperimen dan 0,26 pada kelas kontrol, sedangkan rata-rata n-gain keterampilan mengajukan per-tanyaan yaitu sebesar 0,74 pada kelas eksperimen dan 0,34 pada kelas kontrol. Khairun Nisa Rakhmasari Effect size pada keterampilan mengelompokkan sebesar 0,86 dengan kategori “be-sar”, pada ketrampilan mengajukan pertanyaan sebesar 0,91dengan kategori “be-sar”. Sehingga dapat dinyatakan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing ber- pengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan. Kata kunci: LKS, inkuiri terbimbing, ketrampilan mengelompokkan, keterampilan mengajukan pertanyaan. date: 2017-07-25 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: KHAIRUN NISA RAKHMASARI, 1313023044 (2017) PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGAJUKAN PERTANYAAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27680/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27680/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27680/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf