@misc{eprints27681, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT }, author = {1213023007 APRIYANI NURTIKA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27681/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kognitif berbasis keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elek?trolit, mendeskripsikan tanggapan guru mengenai instrumen yang dikembangkan, dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan kendala dalam pe?nyu?sunan in-strumen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R\&D) yang terdiri dari sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai lima tahap yaitu revisi hasil uji coba produk yang dikembangkan. Hasil pengembangan ini mengukur keteram?pilan proses sains dasar yaitu mengobservasi, menginferensi, memprediksi, mengklasifikasi?kan, dan meng?komunikasikan. Hasil validasi ahli terhadap instrumen asesmen kognitif yang dikembangkan menunjukkan persentase aspek kesesuaian isi materi dengan KI dan KD sebesar 89,2\%, keterbacaan 84,6\%, dan konstruksi 96\% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan didapatkan persentase aspek kese?suaian isi materi dengan KI dan KD sebesar 90,2\%, keterbacaan 89,2\%, dan konstruksi 86,67\% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen ases?men kognitif berbasis kete?ram??pilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikem?bangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci : intrumen asesmen kognitif, keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit } }