@misc{eprints27684, month = {Juli}, title = {Analisis Kelayakan Promosi Pariwisata Dalam Film Surga Dari Pesisir Barat (Sebuah Analisis Hermeneutika)}, author = {1316031050 Mutiara Langit Pertiw i}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27684/}, abstract = { ABSTRAK Analisis Kelayakan Promosi Pariwisata Dalam Film Surga Dari Pesisir Barat (Sebuah Analisis Hermeneutika) Oleh Mutiara Langit Pertiw i Pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan ekonomi suatu daerah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan potensi pariwisata adalah membuat film pariwisata. Penelitian ini mengkaji film yang berjudul Surga Dari Pesisir Barat yang merupakan film promosi pariwisata diproduksi oleh pemerintah kabupaten Pesisir Barat. Dengan durasi 110 menit, film ini menggambarkan potret pariwisata yang ada di Pesisir Barat dengan cerita liburan Raja, Rohmat dan Shiva. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori hermeneutika tradisional Schleiermacher dan menggunakan metode penelitian analisis hermeneutika untuk menemukan makna promosi pariwisata yang terkandung dalam adegan adegan pada film. Hasil peneliti an menunjukkan dalam film Surga Dari Pesisir Barat terdapat sepuluh adegan yang mengandung lima dari enam unsur pariwisata, dari sepuluh adegan tersebut sudah memenuhi dua dari lima karakter iklan yang baik. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, film Surg a Dari Pesisir Barat dinyatakan tidak layak sebagai film yang mengandung unsur promosi pariwisata. Kata kunci : Film, Promosi, Pariwisata, Hermeneutika. ABSTRACT Feasibility Analysis of Tourism Promotion In Movies of Surga Dari Pesisir Barat (An Analysis of Hermeneutics) By Mutiara Langit Pertiwi Tourism is an important sector in the economic development of a region. One effort that can be use to introduce tourism potential is to make tourism films. This study examines a film entitled Surga Dari Pesisir Barat which is a promotional film of tourism produced by the Pesisir Barat district government. With 110 minutes of durations, this film depicts a portrait of tourism in the Pesisir Barat with holiday stories of Raja, Rohmat and Shiva. This resear ch uses qualitative approach. The theory used is the traditional hermeneutic theory of Schleiermacher and using hermeneutical analysis research method to find the meaning of tourism promotion contained in scenes in the film scene. The results show that in the movie Surga Dari Pesisir Barat there are ten scenes containing five of the six elements of tourism, of the ten scenes have met two of the five characters of good advertising. So based on the results of research, film Surga Dari Pesisir Barat declared n ot worthy as a film that contains elements of tourism promotion. Keywords: Film, Promotion, Tourism, Hermeneutics. } }