%0 Generic %A Sayu Yuni, 1313021079 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27716 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/27716/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi peneliti-an ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Candipuro tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 223 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the pretest-posttest control group design.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, Problem Based Learning, berpikir kritis matematis