creators_name: SHANTI EKA RAHMAWATI, 1313053152 creators_id: shanti.rahmawati@yahoo.com type: other datestamp: 2017-08-04 07:09:49 lastmod: 2017-08-04 07:09:49 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 METRO BARAT ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, IPS, make a match, date: 2017-07-19 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: SHANTI EKA RAHMAWATI, 1313053152 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27728/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27728/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27728/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf