%0 Generic %A Anes Novita Dewi, 1313053012 %C UNVIERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27731 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 METRO UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/27731/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IVB SDN 1 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Metro Utara berjumlah 52 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization. Analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penerapan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, team assisted individualization, tematik.