title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS creator: DEKA ANDRIANI , 1223011007 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada peserta didik di SMA, menguji efektifitas dan menguji daya tarik modul. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan metode Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Seputih Mataram, SMAN 1 Seputih Agung dan SMAN 1 Terusan Nunyai kabupaten Lampung Tengah. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrument tes. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji efektifitas adalah kuasi eksperimen Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA sebanyak 94 orang untuk kelas eksperimen dan 94 orang untuk kelas kontrol. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Modul biologi materi ekosistem berbasis keterampilan berpikir kritis efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini didukung oleh hasil analisis data yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik yang menggunakan modul dan hasil uji daya tarik modul yang mencapai persentase tinggi. Modul sangat menarik bagi siswa untuk dipelajari. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis angket yang menunjukkan bahwa persentase kemenarikan mencapai 93% dan kemudahan untuk digunakan peserta didik dalam belajar sebesar 84,67%. Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Ekosistem, Keterampilan Berpikir Kritis ABSTRACT This study aims to produce a biology learning module based on critical thinking skills to students grade X in Senior High School, to test effectiveness of the use of the module and to test the attractiveness of the module. This research used the approach of Borg and Gall research and development. It was conducted in SMAN 1 Seputih Mataram, SMAN 1 Seputih Agung dan SMAN 1 Terusan Nunyai in Lampung Tengah regency. The data collecting techniques were questionnaires and test instruments. The method of this research to test effectiveness is PretestPosttest Control Group Design. The sample of this research are 94 student for experiment class dan 94 for control class. The data were analyzed quantitatively and qualitatively This research conclusions are biology modul with critical thinking based is effective for instructional material in teaching because the data analyzed result show the learning result is increase significantly and the percentage of attractiveness of module is high. The modul is attractive for students because the percentage of attractivenesss of 93% and easy use for students with average percentage of 84.67%. Keyword: Teaching materials, Ecosystem, Critical Thinking Skills date: 2017-03-20 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27732/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27732/2/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27732/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DEKA ANDRIANI , 1223011007 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/27732/