TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27741 UR - http://digilib.unila.ac.id/27741/ A1 - DENIQ HUDAWATI, 1313053031 Y1 - 2017/07/11/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua Way Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pendekatan kontekstual berbasis media grafis terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua Way Jepara kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal pilihan jamak dengan analisis data berupa kuantitatif yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan pendekatan kontekstual berbasis media grafis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua Way Jepara. Kata kunci: hasil belajar, media grafis, pendekatan kontekstual PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LABUHAN RATU DUA WAY JEPARA AV - restricted ER -