TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27742 UR - http://digilib.unila.ac.id/27742/ A1 - Siti Rohma, 1313053156 Y1 - 2017/06/21/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar tematik siswa dari hasil observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukamenanti melalui penerapan model quantum teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masingmasing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori ?Aktif?, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi ?Sangat Aktif?. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam katagori ?Tinggi?, dan pada siklus II meningkat menjadi ?Sangat Tinggi?. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, model quantum teaching, tematik PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKAMENANTI AV - restricted ER -