%0 Generic %A ANIS FITRIHANDAYANI, 313053017 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27750 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV SD NEGERI RATNA CHATON %U http://digilib.unila.ac.id/27750/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Ratna Chaton tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Ratna Chaton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 3,245 sedangkan ttabel sebesar 2,000, perbandingan tersebut menunjukan (3,245 > 2,000) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Ratna Chaton. Kata kunci: hasil belajar, IPS, media audio visual,