%A 1423053043 JUMIATI %T PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN KINERJA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS %X ABSTRACT This research aims to develop valid and reliable performance assessment instruments. The method used is research and development that refers to the stages Borg and Gall. The population are elementary school in Pringsewu District that have implemented the 2013 curriculum, amounted 21 schools. The sample of the research one school selected at random. Data collections tool used the interview guide, questionnaires, observation sheets and documents. The Data analysis used in this research activity is descriptive qualitative data and quantitative descriptive. The results of this research indicate assessment products are valid and reliable instrumens, validity test result rcount ? rtable and reliability test result 0.862, have very high reliability criteria. This performance assessment provides more opportunities teacher to recognize their students, because in reality not all students who are less successful in essay tests are automatically to be unskilled or not creative. Thereby the performance assessment completed the other judgments. Key words: Performance Assessment, Literacy Science, Integrated Learning ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument asesmen kinerja siswa yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada tahapn-tahapan Borg and Gall. Populasinya Sekolah Dasar di Kabupaten Pringsewu yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, berjumlah 21 sekolah, sampel penelitian adalah 1 Sekolah yang dipilih secara random. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan instrumen asesmen yang valid dan reliabel, hasil uji validitas rhitung ? rtabel dan hasil uji reliabilitas mendapat 0.862, mempunyai kriteria reliabilitas sangat tinggi. Asesmen kinerja ini memberi peluang yang lebih banyak kepada guru untuk mengenali siswanya, sebab pada kenyataannya tidak semua siswa yang kurang berhasil dalam tes esai secara otomatis dikatakan tidak terampil atau tidak kreatif. Dengan demikian penilaian kinerja melengkapi penilaian lainnya. Kata Kunci: Asesmen Kinerja, Literasi Sains, Pembelajaran Terpadu %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints27781