TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints278 UR - http://digilib.unila.ac.id/278/ A1 - Asrullah, LULU DAMAYANTI Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) pada materi asam basa dalam meningkatkan keteram-pilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. Model pembelajaran ini terdiri dari tiga fase, yaitu fase eksplorasi, fase pengenalan konsep dan fase aplikasi konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi peneliti-an ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kotabumi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model SBEI diukur berdasarkan perbedaan rata- rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi untuk kelas kontrol dan eksperimen Lulu Damayanti masing masing 0,38 dan 0,61. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketa-hui bahwa kelas eksperimen dengan model SBEI memiliki keterampilan meng-induksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model SBEI efektif untuk meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertim-bangkan hasil induksi. Kata kunci : Model SBEI, keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. PB - Fakultas KIP TI - EFEKTIVITAS MODEL SBEI PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI AV - restricted ER -