%0 Generic %A VIVI APRILIANI, 1313053164 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27800 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SD NEGERI 33 NEGERIKATON %U http://digilib.unila.ac.id/27800/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 33 Negerikaton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 33 Negerikaton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menggunakan soal pilihan jamak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ttest pooled varians dan Independent Sampel t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis melalui t-test pooled varians dan Independent Sampel t-test Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn. Kata kunci: hasil belajar, numbered head together, PKn.