@mastersthesis{eprints27812, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR }, school = {Universitas Lampung}, author = {1523053001 Maria Desi Kurniawaty}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27812/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan instrumen penilaian berbasis kinerja pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R\&D) oleh Borg \& Gall. Populasi pada penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 228 orang di Gugus Cengkih Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 25 siswa kelas IVB SD Negeri Bumi Agung dan 32 siswa kelas IV SD Negeri Sumur Kumbang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli, lembar pengamatan kinerja siswa, dan angket respon guru. Data dianalisis menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap item pada instrumen penilaian berbasis kinerja pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar yang telah divalidasi oleh tim ahli dinyatakan layak digunakan untuk mengukur aspek psikomotorik atau keterampilan siswa dan produk instrumen penilaian berbasis kinerja efektif memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Kata kunci: instrumen penilaian kinerja, pembelajaran tematik, sekolah dasar } }