%0 Generic %A EUNIKE DESTA NATALIA , 1313054014 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27820 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD YANG TERSERTIFIKASI DI KABUPATENLAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/27820/ %X Masalah dalam penelitian ini yaitu masih banyaknya guru yang tidak menerapkan teori pembalajaran AUD ke dalam praktik kegiatan belajar mengajar di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru PAUD yang sudah tersertifikasi tentang kompetensi pedagogik di lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, sedangkan pengambilan sampel yang di gunakan adalah simpel random sampling.Pengumpulan data melalui kuisoner/angket dan dokumentasi, kemudian teknikanalisis data dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan mengakumulasikan data hasil penelitian dengan rumus persentase yang kemudian di kelompokkan menjadi 3 kategori yaitu baik, cukup dan kurang. Hasil penelitian: Tingkat pemahaman kompetensi pedagogik guru PAUD yang tersertifikasi masuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor dari 30 responden yang ada menyatakan bahwa 9 indikator masuk dalam kategori baik dengan skor total 79,61% dan 2 indikator masuk dalam kategori cukup dengan skor total 20,39%. Kata Kunci: Guru PAUD, kompetensi pedagogik, sertifikasi ABSTRACT The problem in this study is that there are still many teachers who do not aplly early childhood learning theory to the practice of teaching and learning activities in school. The objective of this research was to discrabe the understanding of certified early childhood education (PAUD) teachers about pedagogic competence in early childhood education institutions in South Lampung district. This was a descriptive quantitative research. Research population was early childhood education teachers in Natar sub district, and samples were taken by using simple random technique. Data collection throughquestionnaire and documentation, Then the technique of data analysis using by describing the results of research and accumulate data of research results with the formula percentage then grouped into 3 categories that is good, enough and less. Result of research: The level of understanding of pedagogic competence of PAUD teachers who are certified into good category. This can be seen from the acquisition score of 30 respondens who stated that 9 indicators entered in both categories with a total score of 79,61% and 2 indicators entered in the category enough with a total score of 20,39%. Keywords: Certification, early childhood education teachers, pedagogic competence.