%A 1313053044 EKA NOPIANA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 1 HARAPAN REJO %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN1 Harapan Rejo pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN 1 Harapan Rejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Harapan Rejo dengan kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis melalui t-test pooled varians diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN 1 Harapan Rejo. Kata kunci: hasil belajar, IPS, pembelajaran proyek %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27845