%0 Generic %A NINDYA LUKITA KUSDIANA PUTRI, 1313021058 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27864 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ( Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Bandarlampung Semester Genap T.P. 2016/2017 ) %U http://digilib.unila.ac.id/27864/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran koo-peratif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII-A dan VIII-B yang diambil dengan teknik purposive random sampling.. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only control group design. Data penilitian ini di analisis dengan menggunakan uji dan uji . Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS tidak efektif ditinjau dari pema-haman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, two stay two stray, pemahaman konsep matematis.