@misc{eprints27866, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = {1313021030 ERA PUSPITA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27866/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model guided discovery learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik gabungan, yaitu teknik purposive dan teknik random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen tes untuk melihat kemampuan representasi matematis dan instrumen non tes untuk melihat self efficacy siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model guided discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa. Namun, kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa yang menggunakan model guided discovery learning lebih tinggi daripadakemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: guided discovery learning, representasi matematis, self efficacy.} }