title: MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ABUNG SEMULI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 creator: RISKA NUR ANISA, 1313052048 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Masalah penelitian ini adalah penyesuaian diri di sekolah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah penyesuaian diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretestposttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh angka probabilitas 0.028. Didapat probabilitas kurang dari 0,05 (0,028<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada penyesuaian diri sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 26%. Kesimpulannya adalah penyesuaian diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: bimbingan konseling, bimbingan kelompok, penyesuaian diri publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-07-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27895/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27895/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27895/3/SKRIPSI%20FULL.pdf identifier: RISKA NUR ANISA, 1313052048 (2017) MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ABUNG SEMULI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/27895/