%0 Generic %A Samsirman, MARIA MUSTIKA SARI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:279 %I Fakultas KIP %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAN PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN SISWA KELAS X %U http://digilib.unila.ac.id/279/ %X Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X1 SMA Budaya Bandar Lampung yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental dengan One-group pretest-posstest Design. Data penelitian ini adalah data keterampilan mengkomunikasikan dan keterampilan menyimpulkan. Analisis data menggunakan persentase ketuntasan belajar (KKM) yang telah ditetapkan dan n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar dan n-Gain keterampilan mengkomunikasikan mencapai KKM yaitu 75% dan n-Gain sebesar 0,68 (kategori sedang). Sedangkan keterampilan menyimpulkan yang mencapai KKM yaitu 81,25% dan n-Gain sebesar 0,69 (katagori sedang). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model POE pada materi larutan non-lektrolit dan elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan Maria Mustika Sari mengkomunikasikan dan menyimpulkan siswa kelas X1 SMA Budaya Bandar Lampung. Kata kunci: model POE, larutan non-elektrolit dan elektrolit, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan.