TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27907 UR - http://digilib.unila.ac.id/27907/ A1 - WIDIARTI, 1413093058 Y1 - 2017/06/05/ N2 - Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Tanjungsari yang diperoleh melalui pengamatan awal mendorong peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan model Problem Based Introduction dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Tanjungsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Problem Based Introduction. Metode penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas. Prosedur berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting), pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tanjungsari dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction Guru diharapkan meningkatkan kompetensi-kompetensi yang dimilikinya dalam pencapaian aktivitas dan hasil belajar siswa secara maksimal. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Problem Based Introduction PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNG SARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -