@misc{eprints27944, month = {Agustus}, title = {PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT}, author = {1213023021 EKAYANA PUTRIANI}, address = {UNIVERISTAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27944/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis ke?terampilan proses sains (KPS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta untuk me?nge-tahui respon guru dan respon siswa mengenai LKS yang di?kembang?kan. Desain pada penelitian ini menggunakan desain R\&D menurut Sugiyono (2008), dimana tahapan langkah penelitian dalam desain ini terdiri dari sepuluh langkah, namun desain yang digunakan dibatasi hanya sampai revisi uji coba lapangan awal. Subjek pada penelitian ini yaitu LKS berbasis KPS pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Setelah penyusunan LKS selanjutnya dilakukan vali?da?si ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan. Hasil validasi ahli terhadap keempat aspek yang dinilai yaitu LKS memiliki kriteria sangat tinggi. Selanjut?nya dilakukan uji coba lapangan terhadap tiga responden guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi terhadap LKS berbasis KPS diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 79,21\%, 83,91\%, dan 85,30 \%. Sedangkan uji coba lapangam awal pada responden siswa terhadap aspek ke?ter?bacaan dan kemenarikan terha?dap LKS ber?basis KPS yang di?kembang?-kan di?peroleh hasil sebesar 84,58\% dan 83,63\%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis KPS yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dan dapat digunakan dalam proses pem?belajaran di sekolah. Kata kunci : keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non-elektrolit, lembar kerja siswa } }