%A 0913033048 IRREN SYAHRIYANTI %T PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Media sebagai salah satu komponen dari pengajaran yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Media pembelajaran dipakai sebagai alat perantara untuk menyampaikan informasi kepada siswa. Dengan adanya media pembelajaran yang kreatif maka mampu merangsang siswa untuk menyukai pelajaran tersebut. Media pembelajaran juga dianggap efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media yang dipakai dalam proses pembelajaran adalah media visual tiga dimensi, salah satu bentuknya adalah scrapbook. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016, dan bagaimanakah pengaruhnya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS siswa kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian one-shot case study, yaitu hanya satu kelas yang diberi perlakuan (treatmean) selanjutnya di observasi hasilnya. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa dilakukan posttest sebanyak tiga kali. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah media scrapbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dilihat dari selisih persentase rata-rata pencapaian indikator hasil belajar kognitif siswa sebagai berikut, pada posttest pertama dan posttest kedua adalah sebesar 4,58%, sedangkan selisih dari posttest kedua dengan posttest ketiga sebesar 10,42%. Dari selisih posttest ini menunjukkan bahwa pada setiap pertemuannya kemampuan siswa dalam menjawab soal mengalami peningkatan pada setiap indikatornya. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTA KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27963