%0 Generic %A Burhan Yusuf, 1213021011 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27976 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/27976/ %X ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Oleh: Burhan Yusuf Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negeri Agung tahun ajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 3 kelas, kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel melalui teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjuk- kan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemam- puan representasi matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pengaruh, representasi matematis.