%0 Generic %A AJENG TRI UTAMI, 1313053008 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27979 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA %U http://digilib.unila.ac.id/27979/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar menggunakan model picture and picture dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis yang digunakan adalah penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar menggunakan model picure and picture. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar menggunakan model picture and picture dengan prestasi belajar IPS. Kata Kunci: aktivitas belajar, model picture and picture, prestasi belajar ips. ABSTRACT The problem in this research is the low gain of learning outcome on social science subject of fourth graders of Elementary School 1 Rajabasa Raya. The purpose of this research is to find out the correlation between learning activity using picture and picture model with learning outcome on social science subject of fourth graders of Elementary School 1 Rajabasa Raya. The method used in this research is quantitative and the type used is correlational research. The sample of this research was taken using cluster random sampling technique. The independent variable in this research is learning activity using picture and picture model, while the dependent variable is students' learning outcome on social science subject. The data collection was done using documentation, observation and tests. The result of this research showed that there was a positive and significant correlation between learning activity using picture and picture learning model towards students' learning outcome on social science subject. Key words: learning activity, picture and picture model, learning outcome on social science subject