%A 1526021037 JOHN HITLER SARAGI %T STRATEGI KPU MENDORONG KEPATUHAN DAN TRANSPARANSI LAPORAN DANA KAMPANYE PARTAI POLITIK (Studi pada Penyusunan Laporan Dana Kampanye Partai Politik di Kabupaten Nias Selatan pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014) %X KPU Kabupaten Nias Selatan membutuhkan strategi membantu partai politik meningkatkan kepatuhan dan transparansi dalam penyusunan laporan dana kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, evaluasi pelaksanaan strategi, efektivitas pelaksanaan strategi serta menganalisis faktor yang menyebabkan partai politik tidak patuh dan tidak transparans dalam penyusunan laporan dana kampanye. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Strategi yang digunakan (a) Strategi organisasi, yaitu: pembentukan tim, penyusunan bahan supervisi, sosialisasi, monitoring, layanan konsultasi bilateral. (b) Strategi program, yaitu: peningkatan kesadaran partai politik, peningkatan pemahaman konsekuensi hukum (c) Strategi pendukung sumber daya, yaitu menyiapkan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas petugas, pemberian kompensasi (d) Strategi kelembagaan, yaitu: optimalisasi tugas dan tanggung jawab, optimalisasi aturan hukum. (2) Evaluasi pelaksanaan strategi (a) Dasar pelaksanaan strategi: perintah hierarki dan optimalisasi kegiatan (b) perbandingan hasil, sebahagian dari strategi memberikan efek yang baik terutama strategi organisasi (c) tindakan korektif, memberikan masukan perbaikan berbeda dari setiap strategi (3) Efektivitas terhadap strategi cukup efektif terlihat 91.6 % parpol telah menyerahkan laporan dana kampanye (4) Faktor yang menyebabkan tidak patuh dan tidak transparans parpol antara lain (a) Internal yaitu kurangnya kompentensi SDM yang dimiliki parpol (b) faktor eksternal, kurang tegasnya sanksi serta sengaja tidak mau mempublikasikan laporan dana kampanye. Kata Kunci: Strategi, Kepatuhan dan Transparansi, Dana Kampanye ABSTRACT Electoral commission of South Nias requires strategies to help political parties improve compliance and transparency in the preparation of campaign funding reports. This research aims to analyze the strategy, evaluation of strategy implementation, effectiveness of strategy implementation and analyzing the factors that led to non-compliance and non-transparent political parties in the preparation of campaign funding reports. Research method used descriptive qualitative. Data collection techniques through interviews and literature study. Data analysis techniques are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study can be concluded (1) Strategies used (a) Cooperate Strategy: team building, supervision material preparation, socialization, monitoring and bilateral consultation services (b) Program strategy: increased awareness of political parties, increased understanding of legal consequences (c) Resources support strategy: preparation of facilities and infrastructure, improving the quality of officers, providing compensation (d) Institutional strategy: Optimizing tasks and responsibilities, optimizing the rule of law. (2) Evaluation of strategy implementation (a) Basic implementation of the strategy: command hierarchy and optimization of activities (b) comparison of results, some of the strategies provide a good effect, especially organizational strategy (c) Corrective action, providing different improvement inputs from each strategy (3) Effectiveness of the implementation of the strategy is quite effective seen 91.6% of political parties have submitted campaign funding reports (4) Factors that cause non-compliance and not transparency of political parties among others (a) Internal is the lack of human resources competencies owned by political parties (b) External factors, unequivocal sanctions and deliberately unwilling to publish campaign finance reports. Keywords: Strategy, Compliance and Transparency, Campaign funds. %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints27984