%0 Generic %A AGUSDIN , 1313052003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27999 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/27999/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri siswa dalam belajar rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kepercayaan diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling rational emotive behavior therapy? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri dalam belajar dengan menggunakan konseling rational emotive behavior therapy pada siswa kelas VIII SMP N 8 Kotabumi lampung utara tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan onegroup pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak enam siswa yang memiliki kepercayaan diri dalam belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dari pretest dan posttest kepercayaan diri menggunakan uji beda Wilcoxon, diperoleh z hitung = 2,207 > z tabel= 1,960 maka Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling rational emotive behavior therapy. Kata kunci: bimbingan dan konseling, kepercayaan diri, rational emotive behavior therapy