@misc{eprints28024, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODIFIED JIGSAW DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017) }, author = {1313021068 Rais Rasyid}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/28024/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dipilih satu kelas secara acak dari sembilan kelas dan seluruh siswa kelas VII B terpilih. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Analisis data menggunakan uji-t. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw tidak lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, modified jigsaw, pemecahan masalah matematis siswa } }