%0 Generic %A Rizki Septianto, 1313053147 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28036 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/28036/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah sebanyak 600 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 196 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner/angket. Teknik analsis data menggunakan korelasi serial dengan hasil yang menunjukan bahwa, ada hubungan yang positif yang ditunjukan dengan r hitung > r dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS karena t Kata Kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, IPS. hitung tabel, > t tabel. ABSTRACT The problems in this research is the low learning achievement of students' IPS. The purpose of this study is to determine the relationship between learning discipline with IPS learning achievement. Method used in this research quantitative method, and the type of research used is correlational research. The population in this study amounted to 600 students, while the sample used as many as 196 students. Data collection techniques used are documentation and questionnaire. The data analsis technique uses serial correlation with result indicate that, there is positive relation which is indicated by r , and significant between study discipline with learning achievement of IPS because t count > t table . Keywords: learning discipline, learning achievement, IPS. count > r table