%A 1313053062 FIRDA WIDYA RAHMA %T HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO PUSAT %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan soal tes hasil belajar matematika. Instrumen pengumpul data kuesioner dengan skala likert dan soal tes hasil belajar matematika dengan persentase pengukuran tes. Analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil perhitungan diperoleh, nilai koefisien korelasi dengan thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, atau terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional, matematika %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I Universitas Lampung %L eprints28045