%0 Generic %A LUQMAN NUL HAKIM, 1213052017 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28054 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEER GROUP TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/28054/ %X Masalah penelitian ini adalah konsep diri positif siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer group terhadap konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 320 siswa dan sampel penelitian 20% atau sebanyak 64 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh peer group terhadap konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan hasil perhitungan regresi liniear nilai koefisien determinasi yang diperoleh dalam perhitungan tersebut adalah 0,404 atau 40,4% yang dapat ditafsirkan bahwa peer group memiliki kontribusi sebesar 40,4% terhadap variabel konsep diri. Selanjutnya diketahui persamaan regresi liniearnya adalah Y = 30,885 + 0,761X menyatakan bahwa jika tidak ada kenaikan poin/ nilai dari variabel peer group Kata kunci: bimbingan konseling, peer group, konsep diri.