TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28067 UR - http://digilib.unila.ac.id/28067/ A1 - VERLIA SANTI , 1313023085 Y1 - 2017/08/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dengan strategi scaffolding untuk meningkatkan efikasi diri dan pengu-asaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Bandarlampung menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas X MIA I sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dan kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dengan strategi scaffolding. Besarnya pengaruh strategi scaffolding efikasi diri dan penguasaan konsep siswa diukur berdasarkan uji-t n-Gain dan effect size setelah diterapkan masing-masing model pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian uji-t pada n-gain menunjukkan bahwa rata-rata n-gain efikasi diri dan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-gain efikasi diri dan penguasaan konsep siswa kelas kontrol. Hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa 98 % peningkatan efikasi diri dan 96 % peningkatan penguasaan konsep siswa dipengaruhi oleh model pembel¬ajar¬an SiMaYang dengan strategi scaffolding. Berdasarkan hal tersebut, dapat di-simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SiMaYang dengan strategi scaffolding dapat meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Kata kunci: scaffolding, model pembelajaran SiMaYang, efikasi diri, penguasaan konsep. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS AV - restricted ER -