title: PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS creator: SitiSuroyalmilah, 1313023077 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhstrategiscaffolding dalammodel pembelajaranSiMaYanguntukmeningkatankemampuanmetakog-nisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Populasidalampeneliti-an iniadalahseluruhsiswakelas X MIASMA Negeri10Bandarlampung.Pemi-lihansampeldilakukandengancaracluster random samplingsehinggadiperolehkelasX MIA 3sebagaikelaskontrol yang diterapkan model pembelajaranSiMaYangdankelas X MIA 6sebagaikelaseksperimenyangditerapkanstrategiscaffolding dengan model pembelajaranSiMaYang. Metodepenelitianiniadalahkuasieksperimendenganpretestpostestcontrol group design. Pengaruhstra-tegiscaffolding dalam modelpembelajaranSiMaYangdiukurberdasarkanuji-tn-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepsiswasertaujieffect size. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimen rata-rata n-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “tinggi”, sementarapadakelaskontroln-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “sedang”. Pembelajaranstrategiscaffoldingdalam model SiMaYangmemilikipengaruhdengankategori“besar” dalammening-katkankemampuanmetakognisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Padakelaseksperimen97%peningkatankemampuanmetakognisidan98% peningkatanpenguasaankonsepsiswahanyadipengaruhiolehstrategiscaffolding dalam model pembelajaranSiMaYang. Katakunci :metakognisi, penguasaankonsep, scaffolding, SiMaYang. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-08-15 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28070/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28070/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28070/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SitiSuroyalmilah, 1313023077 (2017) PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/28070/