%0 Generic %A SitiSuroyalmilah, 1313023077 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28070 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS %U http://digilib.unila.ac.id/28070/ %X ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhstrategiscaffolding dalammodel pembelajaranSiMaYanguntukmeningkatankemampuanmetakog-nisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Populasidalampeneliti-an iniadalahseluruhsiswakelas X MIASMA Negeri10Bandarlampung.Pemi-lihansampeldilakukandengancaracluster random samplingsehinggadiperolehkelasX MIA 3sebagaikelaskontrol yang diterapkan model pembelajaranSiMaYangdankelas X MIA 6sebagaikelaseksperimenyangditerapkanstrategiscaffolding dengan model pembelajaranSiMaYang. Metodepenelitianiniadalahkuasieksperimendenganpretestpostestcontrol group design. Pengaruhstra-tegiscaffolding dalam modelpembelajaranSiMaYangdiukurberdasarkanuji-tn-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepsiswasertaujieffect size. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimen rata-rata n-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “tinggi”, sementarapadakelaskontroln-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “sedang”. Pembelajaranstrategiscaffoldingdalam model SiMaYangmemilikipengaruhdengankategori“besar” dalammening-katkankemampuanmetakognisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Padakelaseksperimen97%peningkatankemampuanmetakognisidan98% peningkatanpenguasaankonsepsiswahanyadipengaruhiolehstrategiscaffolding dalam model pembelajaranSiMaYang. Katakunci :metakognisi, penguasaankonsep, scaffolding, SiMaYang.