creators_name: SitiSuroyalmilah, 1313023077 creators_id: millaabdulhusnaa@gmail.com type: other datestamp: 2017-08-23 04:14:32 lastmod: 2017-08-23 04:14:32 metadata_visibility: show title: PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhstrategiscaffolding dalammodel pembelajaranSiMaYanguntukmeningkatankemampuanmetakog-nisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Populasidalampeneliti-an iniadalahseluruhsiswakelas X MIASMA Negeri10Bandarlampung.Pemi-lihansampeldilakukandengancaracluster random samplingsehinggadiperolehkelasX MIA 3sebagaikelaskontrol yang diterapkan model pembelajaranSiMaYangdankelas X MIA 6sebagaikelaseksperimenyangditerapkanstrategiscaffolding dengan model pembelajaranSiMaYang. Metodepenelitianiniadalahkuasieksperimendenganpretestpostestcontrol group design. Pengaruhstra-tegiscaffolding dalam modelpembelajaranSiMaYangdiukurberdasarkanuji-tn-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepsiswasertaujieffect size. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelaseksperimen rata-rata n-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “tinggi”, sementarapadakelaskontroln-gainkemampuanmetakognisidanpenguasaankonsepmemilikikategori “sedang”. Pembelajaranstrategiscaffoldingdalam model SiMaYangmemilikipengaruhdengankategori“besar” dalammening-katkankemampuanmetakognisidanpenguasaankonseppadamaterireaksiredoks.Padakelaseksperimen97%peningkatankemampuanmetakognisidan98% peningkatanpenguasaankonsepsiswahanyadipengaruhiolehstrategiscaffolding dalam model pembelajaranSiMaYang. Katakunci :metakognisi, penguasaankonsep, scaffolding, SiMaYang. date: 2017-08-15 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: SitiSuroyalmilah, 1313023077 (2017) PENGARUH STRATEGISCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/28070/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28070/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28070/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf