title: PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GULAK GALIK KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA creator: RAHMATIYAH, 1513069047 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada prasiklus 64,9, kemudian pada siklus I adalah 75,5 dan pada siklus II 84,54. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sudah tercapai yaitu 75,5% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 84,54%,. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsau dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar IPS, kooperatif tipe Jigsaw publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-06-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28089/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28089/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28089/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: RAHMATIYAH, 1513069047 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GULAK GALIK KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/28089/