TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28089 UR - http://digilib.unila.ac.id/28089/ A1 - RAHMATIYAH, 1513069047 Y1 - 2017/06/19/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada prasiklus 64,9, kemudian pada siklus I adalah 75,5 dan pada siklus II 84,54. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sudah tercapai yaitu 75,5% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 84,54%,. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsau dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar IPS, kooperatif tipe Jigsaw PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GULAK GALIK KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA AV - restricted ER -