%A 1313031033 Eric Jonathan Sinaga %T PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI, PERHATIAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJAR AGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, motivasi berprestasi, perhatian orang tua dan pemanfaatan perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung. Metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 124 orang siswa. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan Simple Random Sampling. Data yang terkumpul melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat rumus uji t sedangkan pengujian hipotesis kelima menggunakan rumus regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. 1). Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung sebesar t hitung > t tabel atau 9,480 > 1,980. 2).Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung sebesar t hitung > t tabel atau 8,690 > 1,980. 3).Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung sebesar r hitung > r tabel atau 8,382 > 1,980. 4).Ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung sebesar t hitung > t tabel atau 8,876> 1,980. 5) Ada pengaruh disiplin belajar, motivasi berprestasi, perhatian orang tua dan pemanfaatan perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung sebesar F hitung > Ftabel atau 56,687> 2,447. Kata kunci :hasil belajar IPS Terpadu, disiplin belajar, motivasi berprestasi, perhatian orang tua dan pemanfaatan perpustakaan di sekolah. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints28104