?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+SOLVING+UNTUK+MENINGKATKAN+PENGUASAAN+KONSEP+SISWA+PADA+ASAM+BASA+ARRHENIUS%0D%0A&rft.creator=M+Iqbal+Z%2C+1313023047&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mendeskripsikan+keefektivan%2C+kepraktisan+dan+ukuran+pengaruh+pembelajaran+model+problem+solving+untuk+meningkatkan+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+asam+basa+Arrhenius.++Penelitian+ini+menggunakan+poor+experimental+design+dengan+One+Group+Pretest-Posttest+Design.++Penentuan+sampel+dalam+penelitian+ini+dilakukan+secara+acak+dengan+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.++Sampel+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+SMA+Negeri+12+Bandar+Lampung+kelas+XI+IPA+1+dan+XIIPA+2+sebagai+kelas+eksperimen.++Keefektivan+diukur+melalui+aktivitas+siswa+selama+proses+pembelajaran%2C+kemampuan+guru+dalam+mengelola+pembelajaran%2C++penguasaan+konsep+siswa.++Kepraktisan+diukur+berdasarkan+keterlaksanaan+model+problem+solving+dan+respon+siswa.++Ukuran+pengaruh+penguasaan+konsep+siswa+dengan+pembelajaran+problem+solving+dihitung+setelah+melakukan+uji+normalitas%2C+uji+homogenitas%2C+uji-t+perbedaaan+pretes-postes+dan+uji+ukuran+pengaruh%0D%0AHasil+penilitian+menujukkan+penilaian+observer+terhadap+keterlaksanaan+model+problem+solving+dan+kemampuan+guru+dalam+mengelola+pembelajaran+berkategori+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D%2C+respon+siswa+dan+aktivitas+siswa+selama+pembelajaran+berlangsung+berkategori+%E2%80%9Csangat+tinggi%E2%80%9D.+Kemampuan+penguasaan+konsep+siswa+di+kelas+eksperimen+1+dan+2+meningkat+berdasarkan+rata-rata+skor+n-Gain+yang+diperoleh+berkategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+yaitu+0%2C53+dan+0%2C50.+Model+problem+solving+berpengaruh+terhadap+peningkatan+penguasaan+konsep+siswa%2C+dibuktikan+dengan+hasil+uji+effect+size+yang+berkriteria+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D+pada+kedua+kelas+eksperimen.+Berdasarkan+hasil+penelitian+tersebut+dapat+disimpulkan+bahwa+model+problem+solving+praktis%2C+efektif%2C+dan+memiliki+ukuran+pengaruh+yang+besar+dalam+meningkatkan+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+asam+basa+Arrhenius.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+model+problem+solving%2C+penguasaan+konsep%2C+asam+basa+Arrhenius%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2017-08-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28151%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28151%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28151%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++M+Iqbal+Z%2C+1313023047++(2017)+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+SOLVING+UNTUK+MENINGKATKAN+PENGUASAAN+KONSEP+SISWA+PADA+ASAM+BASA+ARRHENIUS.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28151%2F