%A 1313023047 M Iqbal Z %T PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA ASAM BASA ARRHENIUS %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektivan, kepraktisan dan ukuran pengaruh pembelajaran model problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa Arrhenius. Penelitian ini menggunakan poor experimental design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 12 Bandar Lampung kelas XI IPA 1 dan XIIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Keefektivan diukur melalui aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, penguasaan konsep siswa. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan model problem solving dan respon siswa. Ukuran pengaruh penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran problem solving dihitung setelah melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t perbedaaan pretes-postes dan uji ukuran pengaruh Hasil penilitian menujukkan penilaian observer terhadap keterlaksanaan model problem solving dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori ?tinggi?, respon siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung berkategori ?sangat tinggi?. Kemampuan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen 1 dan 2 meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain yang diperoleh berkategori ?sedang? yaitu 0,53 dan 0,50. Model problem solving berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa, dibuktikan dengan hasil uji effect size yang berkriteria ?besar? pada kedua kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa Arrhenius. Kata kunci: model problem solving, penguasaan konsep, asam basa Arrhenius %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints28151