TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28166 UR - http://digilib.unila.ac.id/28166/ A1 - OKINANDO SUGARA, 1313053119 Y1 - 2017/08/15/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 78,33, rata-rata nilai hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 70,33. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,69 dengan 0,44, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,25. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan program SPSS 23 diperoleh nilai sig diterima dan H ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat tahun pelajaran 2016/2017. 0 Kata kunci: hasil belajar, IPS, pendekatan kontekstual. a PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -